Jumat, 13 Februari 2015

Artikel praktis Tips alami mengobati diare



Tips alami mengobati diare
Akhir-akhir ini sebagian besar wilayah Indonesia mengalami musim pancaroba. Jika siang hari matahari bersinar sangat terik sehingga suasana terasa amat panas, namun tiba-tiba cuaca dapat berubah seketika menjadi terasa dingin. Perubahan cuaca yang tiba-tiba inilah yang disebut dengan musim pancaroba. Musim pancaroba atau musim peralihan dari kemarau ke musim penghujan atau sebaliknya ini berkaitan erat dengan beberapa gangguan kesehatan,diantaranya adalah penyakit saluran pencernaan yaitu diare. Penyakit tersebut dapat timbul karena adanya bakteri atau virus yang mencemari makanan atau minuman.
Diare adalah suatu kondisi dimana seseorang buang air besar berkali-kali dalam satu hari yang melebihi batas normal. Semua orang bisa terkena diare, dari bayi hingga orang tua. Jika terlalu lama, diare bisa menyebabkan dehidrasi, tubuh jadi lemas bahkan juga bisa berakibat pada kematian.
Salah satu cara alami untuk mengobati diare atau mencret adalah dengan menggunakan jambu biji.Daun dan buah mudanya bisa digunakan untuk mengobati diare. Berikut adalah cara mengolahan daun jambu biji yang digunakan untuk mengobati diare :
1.      Daun Jambu Kering
Cara tradisional mengobati diare dengan daun jambu kering yaitu dengan cara merebusnya. Pertama Siapkan 10-20 gram daun jambu kering kemudian rebus dengan air sebanyak 100-200 mili liter. Kemudian masukkan daun jambu tersebut pada saat air sudah mendidih, setelah 15 menit angkat dan saring rebusan air jambu tersebut. Minumlah air rebusan tersebut secara rutin yaitu 3 kali sehari. Lebih enak diminum ketika masih hangat.
2.      Daun Jambu Segar
Kemudian bisa juga menggunakan daun jambu biji yang masih segar. Caranya siapkan 12 lembar daun jambu bijiyang segar, lantas dicuci bersih dan ditumbuk halus. Tambahkan setengah cangkir air masak dan garam secukupnya. Ramuan ini kemudian diperas dan disaring. Air hasil perasan ini langsung diminum. Agar rasanya lebih sedap, boleh juga ditambahkan madu.
Selamat mencoba

Oleh Ismi Izzati