Jumat, 13 Februari 2015

Artikel praktis Tips Terhindar Dari Flu Saat Musim Pancaroba



Tips Terhindar Dari Flu Saat Musim Pancaroba
Perubahan musim dan suhu yang tidak menentu membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Temperatur yang berubah-ubah adalah salah satu kondisi yang memacu virus dan bakteri untuk lebih cepat berkembang biak. Jadi tidak heran lebih banyak orang terserang penyakit di musim pancaroba daripada musim yang temperaturnya relatif stabil. Suhu yang tiba-tiba berubah dari panas menjadi dingin, membuat tubuh lebih ekstra melakukan pertahanan.Ada banyak sekali penyakit yang dapat menyerang anda pada musim pancaroba diantaranya adalah penyakit flu. Pada influenza biasanya terjadi peningkatan suhu tubuh sekitar 38 °C - 40°C, selain itu kepala terasa sakit, juga otot-otot dan sendi-sendi, terasa lelah, kurang nafsu makan, suara parau, batuk yang tidak produktif, sakit tenggorokan dengan langit-langit di hulu tampak memerah, radang mata, keluar ingus, dan kongesti hidung.
Untuk menghindari sakit flu, berikut ada beberapa tips yang bisa anda terapkan pada lingkungan anda, agar tubuh tetap sehat dan fit.
1. Istirahat dengan baik dan teratur. Saat Anda sakit, istirahat yang cukup saja tidak selalu ‘cukup’. Anda harus istirahat dengan baik dan teratur. Tidur siang yang cukup dan tidur malam 6-8 jam perhari akan membantu mengurangi sakit flu Anda.
2. Banyak minum air putih. Air putih sangat membantu menghilangkan flu. Perbanyaklah minum air putih setiap hari terutama saat Anda sedang sakit. Air putih membantu membuang racun-racun dalam tubuh Anda.
3. Berkumur dengan air garam. Penyakit flu Anda bisa jadi disebabkan oleh kuman atau bakteri yang ada di dalam mulut. Oleh karena itu, berkumurlah dengan air garam untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada di dalam mulut Anda.
4. Makan yang banyak dan teratur. Porsi makan yang dinilai kurang, bisa mengakibatkan Anda kurang fit dan mudah terserang penyakit. Porsi makan harus cukup dan teratur. Makan makanan sehat dan bersih juga harus diperhatikan.
5. Mengonsumsi madu 1-2 sendok setiap hari. Madu sangat banyak khasiatnya. Selain memerangi berbagai macam penyakit, juga sangat baik untuk menjaga kesehatan dan membuang racun-racun dalam tubuh Anda.
Selamat mencoba tips diatas untuk hidup sehat dan mencegah timbulnya penyakit saat musim pancaroba seperti saat ini.

Oleh Ismi Izzati